Sunday, March 10, 2019

Kegiatan Ronda Malam Puri Raya Residence Blok D Karawang


Sebagai warga yang baik, sudah seharusnya setiap kegiatan yang dilakukan di lingkungan tempat tinggal yaitu Puri Raya Residence Blok D harus diikuti dengan baik dan jika ada tugas yang diberikan harus diselesaikan dengan baik pula, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di lingkungan adalah ronda malam alias Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), kegiatan ini rutin dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, biasanya masing-masing kepala keluarga atau warga pria yang sudah dianggap layak (meski belum berkeluarga) akan mendapatkan piket secara bergiliran, biasanya satu kali dalam seminggu. 

Tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk memberikan rasa nyaman kepada warga sekaligus mencegah sedini mungkin berbagai kejadian yang tidak diinginkan dan ancaman yang bisa datang sewaktu-waktu. Sebenarnya kegiatan pengamanan ini sudah ada instansi tersendiri yang melakukannya yaitu security, namun tidak ada salahnya masyarakat juga turut berperan serta di dalamnya supaya kemanan dan ketertiban lebih terjaga secara maksimal.

Kegiatan ronda malam terdiri dari beberapa orang warga di lingkungan Puri Raya Residence Blok D tersebut menurut jadwal yang telah ditentukan dimulai dari pukul 22.00 - 03.00 WIB, karena terdiri dari beberapa orang itu lah maka berbagai keseruan,keceriaan dan keakraban itu ada, apalagi jika sebelumnya pada siang hari nya kita tidak bisa bertemu dengan mereka, maka lewat kegiatan ronda malam inilah kita bisa bertemu dengan tetangga, saling bercengkrama dalam suasana yang penuh dengan keakraban dan keceriaan, bisa dikatakan kegiatan ronda malam ini adalah salah satu kegiatan yang semakin mempererat tali silaturrahim dengan tetangga, apalagi ada persamaan nasib dan juga tujuan keluar malam itu adalah sama-sama untuk meronda dan itu akan semakin membuat suasana semakin menyenangkan dan bukan tidak mungkin warga lain yang bukan jadwalnya juga ikut nimbrung dan akan lebih menghangatkan suasana meski hanya sebentar saja. 
Sebuah kegiatan yang positif karena selain untuk menjaga ketertiban serta keamanan juga bisa menjadi sarana mempererat tali hubungan dalam bertetangga dan bermasyarakat.

Kegiatan ronda malam ini tidak hanya dilakukan dengan berdiam diri di pos ronda yang ada, namun kegiatan ini intinya adalah melakukan patroli secara berkala ke wilayah lingkungan tempat tinggal, tidak hanya sekedar patroli, petugas ronda juga bertugas mengambil Photo di setiap Gang rumah warga. Pengambilan Photo/gambar adalah untuk keperluan dokumentasi pengurus RT setempat. Selain kegiatan Pengambilan Gambar ada pula kegiatan memukul sesuatu jika ada pergantian jam, misalnya saja yang sering dipukul adalah kentongan, jumlah pukulan menyesuaikan dengan jam waktu itu, misalnya ketika jam 1 maka kentongan akan dipukul 1 kali, begitu seterusnya jika ada pergantian jam.

Tapi kini pemukulan kentongan di tiadakan berhubung ada beberapa warga mungkin keberatan dengan adanya bunyi tersebut,dengan alasan mengganggu ketenangan.
Akhirnya para petugas ronda lebih sering berkumpul di pos ronda ,sembari menikmati cemilan dan juga hiburan agar tidak mengantuk. Selain itu juga terkadang menyalakan api unggun agar terasa hangat.

Sesuai dengan apa yang sudah diceritakan pada tulisan diatas, secara umum kita menyimpulkan bahwa kegiatan siskamling lewat ronda malam ini merupakan bentuk kegiatan yang harus dipertahankan karena masing-masing individu dalam masyarakat akan memiliki peran serta yang sama dalam menciptakan kondisi yang aman, tertib dan mencegah sejak dini berbagai hal yang tidak menyenangkan, bukankah kita juga sama-sama mengetahui bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati ? Jangan sampai setelah ada kejadian baru kita melakukan kegiatan siskamling, tapi alangkah baiknya jika kegiatan ini rutin dilakukan secara bersama-sama, Selain fungsi tersebut kegiatan ronda malam ini juga akan semakin mempererat hubungan bertetangga di dalam komplek Puri Raya Residence Blok D tersebut, apalagi di jaman yang serba individualis seperti saat ini, jangankan untuk bisa duduk bersama, bertegur sapa saja mungkin jarang dilakukan, nilai-nilai luhur warisan dari nenek moyang seperti ngumpul bareng dan gotong royong juga bisa kita temukan pada kegiatan tersebut. 
Terima kasih 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls